Sabtu, 21 Maret 2009

Kencing Manis Penyebab Kematian Nomor Empat !



Dalam buku Khasiat dan Manfaat Rosela karangan Herti Maryani dan Lusi Kristina dikatakan, rosela (Hibiscus sabdariffa) merupakan herba tahunan yang bunganya keluar dari ketiak daun dan merupakan bunga tunggal. Artinya, pada setiap tangkai hanya terdapat satu bunga. Tapi, bunga ini mempunyai 8 sampai 11 helai kelopak berbulu, yang panjangnya 1 cm, pangkalnya saling berlekatan, dan warnanya merah.

Kelopak bunga ini sering dianggap bunga oleh masyarakat. Bagian inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman. Menurut Prof. Bambang Wiryatmadi, semakin pekat warna merah kelopak bunga ini, semakin tinggi manfaat yang dihasilkannya. Menurut beliau, rutin mengkonsumsi sari bunga rosela dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes alias kencing manis.

Lalu, lewat tulisannya di sebuah harian, akhir 2008, spesialis gizi yang juga bergelar Ph. D. ini menyatakan bahwa turunnya kadar gula itu disebabkan oleh peran plavonoid rosela yang dapat menetralkan radikal bebas. Sebab, pada penderita diabetes, radikal bebas itu menyebabkan kerusakan pada sel beta-pankreas yang bertugas memproduksi insulin.

Untuk diketahui, kencing manis sangat berpotensi menimbulkan komplikasi, seperti serangan jantung, stroke, amputasi, keguguran, cacat lahir, impotensi, gagal ginjal dsb. Survey menyatakan, 5% pendertia diabetes dunia berada di Indonesia, sekitar 10 juta jiwa. Dan statistik menunjukkan penyakit ini menjadi penyebab kematian keempat di seluruh dunia.

Selain flavonoid, omega 3, vitamin A, vitamin B, C dan D, fosfor dan besi, bunga rosela juga mengandung, kalsium yang cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, kandungan kalsiumnya 160 mg per 100 gram berat segar. Kalsium adalah mineral makro yang sangat dibutuhkan. Tubuh manusia mengandung lebih banyak kalsium daripada mineral lain. Menurut perkiraan, 2% dari berat badan orang dewasa terdiri atas kalsium. Peranan mineral ini dalam tubuh terbagi menjadi dua, membantu pembentukan tulang dan gigi serta mengukur proses biologis.

Kalsium tidak hanya dibutuhkan di masa pertumbuhan melainkan juga di masa dewasa dan di hari tua. Karena diperkirakan sekitar 20% kalsium tulang orang dewasa diganti dan diserap setiap tahun. Selain membentuk tulang, kalsium dan sirkulasi darah dan jaringan berperan dalam transmisi impuls saraf, kontraksi otot, penggumpalan darah, pengaturan permeabilitas membran sel, serta keaktifan enzim. Jadi, jika konsumsi kalsium tak mencukupi, tentu semua ini akan terganggu.

Secara umum manusia butuh 0,7 g kalsium per hari. Selain kalsium yang juga menjadi mineral makro dalam tubuh adalah fosfor. Peranannya mirip dengan kalsium yakni untuk pembentukan tulang dan gigi serta penyimpanan dan pengeluaran energi. Saat ini, sari bunga rosela sudah tersedia di apotek-apotek terkemuka dalam bentuk kemasan yang praktis dan higienis, dengan merk Cuka Bunga Rosela Tahesta.

Sebenarnya pemanfaatan bunga rosela sebagai baha minuman sudah lama dikenal di masyarakat Indonesia. Namun, kalau sebelumnya baru sebatas bahan pencampur sirup akibat warnanya yang merah dan rasanya yang khas, akhir-akhir ini telah beralih menjadi minuman lezat yang bermanfaat bagi kesehatan. Munculnya fenomena ini tentu bersamaan dengan tumbuhnya kesadaran di kalangan eksekutif terhadap pentingnya memakai bahan nabati dalam memelihara kesehatan. Oleh karena itu, di pasaran saat ini Cuka Bunga Rosela Tahesta dicari-cari masyarakat lantaran manfaatnya itu.

Dan apabila Anda ingin tahu lebih jauh, silahkan hubungi agen-agen berikut ini:

1. Solo (0271-7939130/ Hp. 081225972951 atau dapatkan di Apotek Jatiwaluyo, Apotek Kondang Waras, Apotek Patma dan Apotek Indra.
2. Sukoharjo (Apotek Kimia Farma, Apotek Sehat, dan Apotek 128.
3. Boyolali (081314689228/ 0276-3341280 atau dapatkan di Apotek Gemah, Apotek Manunggal, Apotek Bayahusada.
4. Wonogiri (0273-3337889. Apotek Giriwono (depan RSUD Wonogiri), Girihusada Wonogiri, Ngadirojo (depan pasar Ngadirojo).
5. Klaten (085643135774, Apotek Sidowayah Farma, Apotek Murni, Apotek Prambanan).
6. Sragen (0271-5809491. Apotek Martonegaran, Apotek Masaran, Apotek Gemolong.
7. Karanganyar (0271-7932591. Apotek Colomadu, Restu Sehat, Sarwo Sehat.

Sumber Solopos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah anda pernah korupsi?